Desain Pagar Rumah Minimalis

By | November 17, 2018
Spread the love

Pagar menjadi salah satu bagian rumah yang sangat penting karena memiliki peranan yang penting dalam melindung rumah. Pagar juga menjadi tempat pelindung isi rumah terutama bagi anak-anak yang masih sering keluar masuk rumah tanpa pamit kepada orang tua. Ada banyak material yang digunakan untuk membuat pagar, seperti kayu, besi, beton, tembok, dan masih banyak yang lainnya. Saat ini ada banyak orang yang memilih menggunakan bahan tersebut sebagai pagar minimalis dibandingkan dengan pagar yang menjulang tinggi.

Arti Minimalis pada Pagar Minimalis

Pagar rumah yang minimalis bukan berarti memiliki desain yang sangat sederhana, model yang pasaran, atau tidak memiliki variasi. Istilah minimalis sendiri memiliki arti optimal dalam memanfaatkan fungsi dari elemen tersebut. Pagar minimalis tidak memiliki batasan tertentu dalam bentuk maupun bahan pembuatan pagar. Yang terpenting dalam pagar minimalis adalah tidak kehilangan fungsi utama dari pagar tersebut.

Contoh Desain Pagar Rumah Minimalis

Ada beberapa desain pagar minimalis yang dapat Anda temukan. Berikut ini beberapa contoh desain dari pagar rumah minimalis yang dapat digunakan di rumah Anda:

  1. Pagar dengan desain garis

Pagar yang satu ini menjadi salah satu desain pagar minimalis yang banyak ditemukan. Desainnya yang sederhana membuat pagar yang satu ini memiliki kesan yang minimalis. Pagar dengan desain yang minimalis ternyata juga memiliki fungsi lainnya, salah satunya adalah untuk memperjelas fasade rumah Anda. Dominasi garis pada pagar Anda akan menyatu dengan fasade rumah Anda.

  1. Aksen di tampilan eksterior rumah

Pagar dapat dijadikan sebagai salah satu aksen untuk tampilan eksterior dari rumah Anda yang dibuat dengan konsep sederhana akan tetapi menujukan sisi menawan. Ketika Anda membangun rumah dengan atap datar dan dominasi garis horizontal pada rumah Anda akan seimbang jika menggunakan pagar rumah dengan dominasi vertikal. Pagar juga dapat dijadikan sebagai salah satu aksen untuk melengkapi dinding yang polos.

  1. Menyatu dengan bangunan rumah

Desain pagar yang satu ini juga dapat Anda coba sebagai salah satu desain pagar minimalis pilihan. Tidak hanya digunakan sebagai aksen pada bagian tertentu saja, akan tetapi pagar yang satu ini dapat digunakan pada seluruh bagian bangunan. Pagar minimalis yang satu ini memiliki berbagai fungsi seperti sebagai bentuk pengamanan, akses masuk dan keluar, serta mempertegas langgam minimalis.

  1. Memanfaatkan warna alami

Pagar minimalis umumnya menggunakan warna-warna alami sebagai contoh warna putih, hitam, coklat, dan abu-abu. Hal ini bertujuan untuk memperjelas atau mempertegas kesan sederhana dan menyatu dengan alam pada rumah minimalis. Warna hitam dan coklat dapat digunakan untuk memberikan kesan kuat dan memberikan kesan kokoh pada bangunan Anda. Sedangkan untuk warna abu-abu dan putih akan memberikan kesan yang ringan pada rumah Anda.

  1. Memadukan berbagai gaya arsitektur

Semakin majunya perkembangan zaman, gaya arsitektur pun semakin maju pula. Ada banyak kreativitas pada pembangunan rumah dengan menggabungkan berbagai gaya yang awalnya dianggap tidak dapat menyatu. Gaya rumah yang cenderung minimalis ini dapat digabungkan dengan gaya rustik yang cenderung lebih kuno. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan batu alam sebagai material pagar tembok, sedangkan untuk pintu pagarnya dapat menggunakan papan kayu.

Demikian di atas merupakan beberapa contoh dari desain pagar rumah yang minimalis. Beberapa contoh di atas dapat Anda terapkan di rumah minimalis impian Anda.