Pilih Lantai Kayu untuk Hunian Baru

By | September 3, 2018
Spread the love

 

Dalam pembangunan sebuah rumah, pemilihan lantai adalah suatu hal yang cukup penting. Ada berbagai macam pemilihan lantai, yaitu di keramik atau dengan model desain kayu. Pada zaman sekarang ini banyak masyarakat yang memilih lantai dengan model desain kayu. Harga lantai kayu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan harga lantai keramik. Tetapi untuk model, lantai kayu lebih modern.

Lebih Baik Lantai Kayu atau Lantai Keramik?

Dalam pemilihan lantai semua model lantai itu bagus. Tetapi jika mana yang lebih baik, ini juga tergantung pada si tuan rumah. Meskipun ini sudah zaman modern, namun dalam pemilihan lantai, masih banyak dari masyarakat yang memilih lantai keramik. Untuk lantai dengan model kayu pun sudah banyak yang menggunakannya.

Jika Anda lebih tertarik dengan lantai kayu, Anda wajib membaca artikel ini hingga selesai. Karena pada artikel ini akan membahas tentang berbagai macam desain lantai kayu yang bisa Anda jadikan referensi ketika Anda sedang membangun sebuah rumah, atau sedang melakukan renovasi rumah.

Macam-Macam Desain Lantai Kayu

Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa harga lantai kayu tidak jauh berbeda dengan harga lantai keramik, walaupun memang harganya lebih mahal lantai kayu tapi tidak beda jauh. Nah untuk meyakinkan Anda dalam memilih lantai kayu, maka artikel ini akan merekomendasikan desain kayu yang terbaik untuk Anda pilih.

  1. Model Lantai Kayu Vinyl

Model kayu ini sederhana dan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam dekorasi atau suasana dari rumah. Lantai dengan model seperti ini akan membuat suasana rumah nyaman. Suasana rustic pun akan tercipta dengan adanya model vinyl.

  1. Model Lantai Kayu Solid

Kayu solid ini adalah salah satu kayu dengan kualitas yang terbaik. Selain memiliki kualitas yang baik, jika Anda menggunakan model lantai kayu solid ini maka, maka akan merasa puas. Puas disini karena kayu solid ini adalah kayu dengan memiliki ketahanan yang cukup lama dan panjang.  Lantai kayu solid ini bagus, karena bahan utamanya terbuat dari kayu jati yang kita kenal sebagai kayu terbaik.

  1. Model Lantai Kayu Laminate

Kayu laminate ini terbuat dari serbuk kayu yang dibentuk dengan suhu yang tinggi. kayu laminate ini juga memiliki permukaan yang keras, dan tahan lama. Variasi dari lantai kayu laminate ini juga sangat banyak terutama desain dan juga warnanya. Keunggulan dari kayu laminate ini adalah cukup rentan pada kelembaban yang tinggi.

  1. Model Lantai Kayu Engineered

Lantai kayu engineered ini terbuat dari kayu asli, sehingga kayu engineered ini memiliki daya tahan yang lama. Kayu engineered ini terlihat sederhana, sehingga bisa dipasang berbagai ruangan dalam rumah. meskipun kayu ini terlihat sederhana, namun kayu ini sangat berkelas tinggi.

  1. Model Lantai Kayu Unfinished Hardwood Floor

Untuk jenis model lantai ini cocok sekali untuk ditempatkan di lantai dapur yang bisa menambah kesan hangat dan nyaman. Bagi Anda yang suka model pewarnaan sebelum pemasangan. Baru setelah di pasang, lantai ini akan diberikan cairan pelapis pelindung agar lebih tahan lama.

Keunggulan Lantai Kayu

Ada beberapa keunggulan yang akan kita dapatkan jika menggunakan lantai berbahan dasar kayu, selain menambah kesan estetik pada ruangan lantai kayu juga sangat aman karena bahan kayu tidak terlalu licin jika dijadikan lantai. sifat alami dari kayu juga mampu menyimpan suhu panas pada siang hari. sehingga dapat menghangatkan suhu ruangan pada malam hari. Anda tidak perlu takut merasa kepanasan pada siang hari atau terlalu dingin saat malam.

Dalam segi keuntungan, lantai kayu juga bisa digunakan untuk investasi jangka panjang untuk properti rumah yang Anda miliki. Harga kayu yang semakin lama semakin mahal akan membuat harga jual melesat jauh ketimbang harga beli sebelumnya.

Lantai kayu memberikan kesan yang menarik dengan corak alami sehingga dapat menambah kesan nyaman. Motif lantai kayu yang beragam juga bisa membuat Anda leluasa untuk memilih corak lantai kayu yang sesuai. Lantai kayu jika dirawat dengan baik dan benar juga akan tahan lama, bahkan dapat bertahan hingga 20 tahun-an.

Untuk membersihkan lantai kayu sebetulnya tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sapu dengan bulu halus. Sama dengan perawatan lantai pada umumnya, jika terdapat noda Anda bisa mengelapnya dengan kain.

Setelah mengetahui model serta keunggulan dari lantai kayu, tentunya Anda sudah cukup yakin untuk memasang lantai kayu di hunian Anda. harga lantai kayu yang tidak terlalu mahal dengan keunggulannya yang juga tidak main-main, sudah cukup menjadi investasi serta kenyamanan di rumah Anda. Anda juga bisa memilih corak lantai kayu dengan motif yang sangat beragam dari pola lurus, diagonal, hingga parket.